Rabu, 05 Maret 2014

Belajar Pemrograman Web HTML [DASAR]

HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language yang merupakan sebuah script untuk menyusun dokumen-dokumen halaman Web. Dokumen HTML disimpan dalam format teks reguler dan mengandung tag-tag yang memerintahkan web browser untuk mengeksekusi perintah-perintah yang dispesifikasikan.
Contoh Struktur dasar pemrograman web HTML:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Judul halaman web disini</title>
</head>
<body>
Informasi halaman website disini
</body>
</html>

Pejelasan Struktur dasar diatas :

 

A. TAG
Merupakan teks khusus (markup) yang terdiri dari dua karakter yaitu karakter "<" dan  karakter ">",  sebagai contoh <body> adalah tag dengan nama body.
Secara Umum tag ditulis secara berpasangan contoh tag <body> biasanya diakhiri dengan tag penutup </body> (ditambahkan karakter "/" setelah karakter "<")  sehingga informasi yang diberikan didalam tag <body> berada sebelum ditutup dengan </body> .
B. ELEMENT
Element terdiri atas tiga bagian, yaitu tag pembuka, isi, dan tag penutup. Sebagai contoh untuk menampilkan judul dokumen HTML pada web browser digunakan element title, dimana:
<title> ini adalah tag pembuka judul dokumen HTML
Disini Judul Dokumen HTML ini adalah isi judul dokumen HTML
</title> ini adalah tag penutup judul dokumen HTML
Tag-tag yang ditulis secara berpasangan pada suatu element HTML,  tidak boleh saling tumpang tindih dengan pasangan tag-tag lainnya. 
Contoh penulisan tag-tag yang benar
<p>
<b> Informasi yang di bold </b>
</p>

Contoh yang salah  :
<p>
<b> Informasi yang di bold </p>
</b>
?
1
<b> </b>
C. ATTRIBUTE

Attribute mendefinisikan property dari suatu element HTML, yang terdiri atas nama dan nilai. Secara umum  nilai attribute harus berada dalam tanda petik satu atau dua, Contoh ingin membuat background hitam dengan warna tulisan putih 
<body bgcolor="black" text="white">
test html
</body> 
(Biasanya jarang digunakan, lebih banyak menggunakan CSS dalam desain tampilan.)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar